Bukan Lemak Ternyata yang Bikin Kamu Gemuk, Tetapi Ini

pixabay
Bukan lamak penyebab kegemukan

Selama ini orang salah sangka bahwa lemaklah penyebab kegemukan.


Anggapan bahwa lemak-lah yang bikin gemuk seseorang ternyata salah. Akar masalah kesehatan di di dunia adalah gula.

“Bukan obesitas, tetapi diabetes. Konsumsi gula yang membunuh kita. Kalian tidak bisa memperbaikinya tanpa memperbaiki makanan,” kata Dokter Robert H.Lustig, pengarang buku Fat Chance: The Hidden Truth About Sugar, Obesity, and Disease.

Selama berpuluh-puluh tahun, kata Lustig, orang percaya bahwa lemak adalah sesuatu yang jahat. Tetapi tidak seluruhnya benar. Beberapa lemak memang menyebabkan kandungan kolesterol jelek tinggi, tetapi beberapa lemak juga meningkatkan kolesterol baik.

“Banyak yang mengatakan bahwa lemak yang membuat seseorang sakit, untuk itu orang harus mengurangi konsumsi lemak. JIka Anda mengurangi konsumsi lemak, berarti mengurangi konsumsi kalori dan seseorang akan berkurang berat badannya dan membuat Anda merasa lebih baik. Tetapi itu tidak terjadi,” katanya.

Beberapa penellitian juga menyebutkan bahwa gula adalah ‘tersangka utama’ dalam penambahan berat badan seseorang. Kandungan gula yang tinggi di dalam tubuh seseorang, terutama jika tidak diimbangi dengan lemak dan protein akan menyebabkan kurangnya metabolisme tubuh dan menyebabkan bertambahnya berat badan seseorang dengan cepat.

Ia menambahkan, sebaiknya jangan meminum jus buah karena saat menjadi jus, kalian sama seperti minum soda karena akan kandungan gula akan bertambah di dalam buah yang diblender. Jadi, sebaiknya makan buah segar.

Setiap diet, yang penting mengandung dua elemen, kandungan gula yang rendah dan kandungan serat yang tinggi.

“Kalian butuh lima hal dalam hidup ini: air, vitamin, mineral, asam amoni essensial dan asal lemak essensial. Makanan lain tidak penting. Karbohidrat juga tidak ada dalam daftar. Hati bisa membuat glukosa dari protein,” tandasnya. (Asiaone)




loading...

OTHER STORIES

LOAD MORE